Freeze drying adalah sebuah metode pengeringan yang terbaik di dunia. Dengan freeze drying, 90% air (H2O) dapat disingkirkan dari produk sehingga produk dapat bertahan sangat lama (hingga 20 tahun) tanpa perlu dimasukan ke dalam kulkas atau freezer.

Biasanya dalam sebuah proses pengeringan, air disingkirkan dari produk dengan proses penguapan. Ini berarti proses pengeringan konvensional membutuhkan panas. Efek samping dari pemanasan adalah:

  1. Nutrisi rusak
  2. Produk keriput
  3. Warna produk menjadi gelap
  4. Rasa berubah
  5. Aroma berubah atau bahkan hilang
Proses Freeze Drying

Proses Freeze Drying

Dalam freeze drying, air (H2O) disingkirkan dengan proses sublimasi. Sublimasi adalah proses perpindahan fase dari solid menjadi uap. Contoh sublimasi yang sering kita jumpai adalah pada penguapan dry ice. Dry ice sebenarnya adalah CO2 padat, yang pada tekanan atmosfir akan langsung menyublim menjadi uap.

Produk yang akan di freeze dry pertama-tama akan dibekukan hingga mencapai suhu -50 derajat Celcius. Setelah mencapai suhu tersebut, tekanan ruangan diturunkan, sehingga terjadi sublimasi, dimana air yang membeku diantara molekul produk akan langsung menguap. Hasilnya adalah produk kering tanpa dipanaskan.

Kelebihan produk yang di freeze dry adalah:

  1. Nutrisi utuh
  2. Bentuk produk tetap sama
  3. Warna produk tetap sama
  4. Rasa dipertahankan
  5. Aroma dipertahankan
  6. Dapat bertahan sangat lama, bahkan hingga 20 tahun lebih
  7. Jika direhidrasi, akan kembali ke bentuk semula

Memilih produk yang telah melalui proses freeze drying menjamin Anda mendapat produk dengan kualitas yang superior dan sesegar aslinya.