Mungkin Anda akan sulit percaya bahwa Anjing tidak memerlukan karbohidrat untuk bertahan hidup. Menurut National Research Council, karbohidrat boleh dibilang tidak mempunyai peran yang cukup signifikan dibandingkan dengan protein dan lemak pada diet Anjing¹

  1. Lalu mengapa produsen makanan Anjing nampak begitu mencintai karbohidrat? Sejak awal tahun 50an, ketika dry food/kibble pertama diciptakan, produsen makanan Anjing telah mengagungkan karbohidrat dengan alasan berikut ini:
  2. Berlimpah (karbohidrat sangat mudah didapatkan)
  3. Tahan lama (dapat disimpan cukup lama)
  4. Berperan sangat penting dalam proses pembuatan kibble
  5. Lebih murah (dibandingkan dengan protein atau lemak hewani)

Coba Anda perhatikan, tidak satupun alasan di atas berhubungan dengan nutrisi. Kalau begitu, apakah karbohidrat berbahaya untuk Anjing? Tidak juga, sebenarnya karbohidrat bisa menjadi bagian dari sumber energi yang dibutuhkan oleh Anjing, asal jumlah karbohidrat yang diberikan harus sangat sedikit.

Sesuai pola diet leluhur Anjing, jumlah karbohidrat yang dikonsumsi Anjing seharusnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah yang terdapat pada produk makanan Anjing komersial. Ada sebuah sumber yang menyatakan bahwa nilai karbohidrat yang dikonsumsi Anjing seharusnya hanya sekitar 14% dari total diet². Sedangkan produk makanan Anjing pada umumnya mengandung antara 46% sampai 74% karbohidrat³.

Bisa Anda lihat sendiri, kibble kurang lebih mengandung empat kali lebih banyak karbohidrat ketimbang dengan diet alami Anjing.

Intinya adalah, memberi sedikit karbohidrat kepada Anjing Anda tidaklah salah, namun jika berlebihan, karbohidrat dapat berdampak buruk kepada Anjing kesayangan Anda. Alergi, bulu kusam, bau mulut, bau tidak sedap pada tubuh Anjing, obesitas dan diabetes adalah beberapa hal yang disebabkan oleh kelebihan karbohidrat. Carilah makanan Anjing yang berbasis protein hewani (daging) dan mengandung sedikit karbohidrat. Anda akan memberi kesehatan dan umur yang lebih panjang kepada sahabat baik Anda.

Footnotes
¹National Research Council of the National Academy of Sciences, “Nutrient Requirements of Dogs and Cats”, 2006 Edition, National Academies Press, Washington, DC
²Brown S., Taylor B., “See Spot Live Longer”, 2007 Creekobear Press, Eugene, OR USA, page 51
³National Research Council, National Academy of Science, “Nutrient Requirements of Dogs and Cats”, 2006 Edition, National Academies Press, Washington, DC, p 317